Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dorong Pertumbuhan Transaksi di Sulawesi Selatan

RADARMAKASSAR.co.id – Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal terus berkomitmen untuk mendukung para pegiat usaha lokal di berbagai wilayah, termasuk di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Head of Regional Growth Expansion Tokopedia, Nafisah Wulandari mengatakan data internal Tokopedia mengungkapkan terjadi kenaikan jumlah transaksi di Kota Makassar hampir 1,5x lipat dengan peningkatan jumlah pembeli di Provinsi Sulawesi Selatan sebesar hampir 1,5x lipat selama periode 2022 dibanding 2021.

Bacaan Lainnya

“Data ini didukung pula bahwa selama 2022 Kecamatan Sinoa, Uluere, Eremerasa, Pujananting, dan Mappakasunggu menjadi kecamatan dengan kenaikan transaksi tertinggi di Sulawesi Selatan,” kata Nafisah.

Peningkatan ini didorong oleh berbagai inisiatif Hyperlocal yang dihadirkan Tokopedia, di antaranya lewat Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pelaku UMKM dengan pembeli setempat, Waktu Indonesia Belanja (WIB) dan juga Dilayani Tokopedia yang semakin memudahkan masyarakat mendapat berbagai kebutuhan.

“Jumlah transaksi KTP di Kota Makassar naik lebih dari 1,5x lipat dan jumlah transaksi WIB di Kota Makassar naik lebih dari 1,5x lipat selama periode 2022 dibanding 2021. Sementara itu, selama 2022, pengiriman terjauh terjadi dari Kota Makassar ke Kota Sabang di Aceh,” tambah Nafisah.

Peningkatan lain juga terjadi pada jumlah pembeli di Sulawesi Selatan yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia naik hampir 2x lipat dengan kenaikan jumlah transaksi yang menggunakan layanan Dilayani Tokopedia sebesar 2,5x lipat di Sulawesi Selatan selama periode 2022 dibanding 2021.

Gunung Alam, Manfaatkan Berbagai Fitur dan Kampanye Tokopedia untuk Tingkatkan Penjualan

Salah satu pelaku usaha asal Makassar, Gunung Alam, juga memanfaatkan Tokopedia untuk memasarkan produk minyak kayu putih asli dari Pulau Buru Ambon.

“Saya menggunakan Tokopedia karena terjamin keamanannya dalam melakukan penjualan secara online. Selain itu, penggunaan Tokopedia juga sangat mudah dan efisien saat digunakan baik oleh penjual maupun pembeli. Sejak bergabung di Tokopedia, produk kami dapat dijangkau oleh pembeli dari seluruh wilayah di Indonesia,” ujar Pemilik usaha Gunung Alam, Kevin Thenikusuma.

Dengan memanfaatkan berbagai fitur Tokopedia seperti Flash Sale, WIB, membuat paket diskon dan bundling serta aktif melakukan broadcast chat sangat membantu Gunung Alam meningkatkan penjualannya.

“Sejak menggunakan fitur-fitur di Tokopedia, omzet kami naik signifikan. Setidaknya jutaan hingga belasan juta omzet kami setiap bulannya dari penjualan di Tokopedia,” ujarnya.

Gunung Alam selalu menjaga kualitas produk, menjaga kepercayaan pembeli, aktif dalam mengikuti perubahan dan permintaan pasar dan menunjukkan keunggulan dari produk guna menghadapi persaingan pasar.

Pegiat usaha lokal yang sudah berdiri sejak tahun 1980 ini juga memanfaatkan kelas edukasi di Tokopedia seperti Sekolah Kilat Seller dan Pusat Edukasi Seller dan bergabung di Komunitas Keluarga Tokopedia guna mendapatkan banyak ilmu dan wawasan baru untuk meningkatkan kualitas produk Gunung Alam.

“Tokopedia terus konsisten mendukung para pegiat usaha, terutama UMKM lokal agar meningkatkan kemampuan dan kualitas produk sehingga bisa bersaing di pasar nasional dan meraja di negeri sendiri,” tutup Nafisah. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *