Lewat Aplikasi Dasawisma, Ketua PKK Dorong Penguatan Data di Kecamatan Wajo

Ketua TP PKK Makassar Indira Yusuf Ismail mendorong penguatan penginputan dan pemutakhiran data warga dengan pemanfaatan IT melalui Aplikasi Data Dasawisma.

Hal itu disampaikan Indira kepada kader dasawisma Kecamatan Wajo saat memberi arahan sekaligus membuka Bimtek Aplikasi Data Dasawisma di Hotel Karebosi, Selasa (16/08/2023).

“Tentu kita hadir disini selain pengarahan dari saya, ada narasumber yang akan berbagi bagaimana kita mengerjakan tugas pokok kita dengan pemanfaatan Aplikasi,” kata Indira.

Indira menjelaskan pemutakhiran data dan informasi warga mulai dari sektor keluarga hingga masyarakat begitu penting sebagai dasar informasi bagi stakeholder. Indira pun menekankan pentingnya validasi dan kebaruan data warga di seluruh kecamatan dan kelurahan.

Selain sebagai database, juga sewaktu-waktu dapat dibutuhkan secara tiba-tiba. Olehnya, Indira mendorong seluruh kader dasawisma, Pengurus TP PKK Kelurahan dan Kecamatan Wajo yang hadir agar dapat memaksimalkan Bimtek Aplikasi Dasawisma ini untuk mengakselerasi pengetahuan masing-masing.

“Karena ini data, tentunya sangat penting. Selain menginput dan mengumpulkan, juga harus update. Pada kesempatan ini kita mau kita menyempurnakan pengetahuan sebagai kader dasawisma,” ujarnya.

Indira pun meminta agar Pengurus TP PKK Kecamatan hingga Kota aktif memantau kinerja dan memonitoring data warga secara berkala pada aplikasi data dasawisma. Terkhusus pada implementasi 10 program pokok TP PKK Kota.

“Dan ini tentunya harus di evaluasi dari TP PKK Kota, Ibu camat dan jajarannya tolong bantu wargata sendiri di kecamatan masing-masing. Updatenya mestinya tiap menit, itulah ada operator itulah ada teknologi,” jelasnya.

Sebelumnya, Indira juga telah menekankan pentingnya ketelitian kader dasawisma dalam mendata warga saat dirinya memberi arahan di sejumlah kecamatan lainnya. Sehingga dengan hadirnya aplikasi data dasawisma sebagai upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja, dapat terwujud implementasi 10 program pokok TP PKK Kota secara maksimal.

Untuk diketahui, Bimtek ini digelar mulai dari tanggal 7-22 Agustus 2023. Setiap harinya, Bimtek ini diikuti oleh seluruh kader dasawisma kelurahan dari satu kecamatan. (rul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *